Menurut Urban Dictionary, OOTD adalah kepanjangan dari “Outfit Of The Day”. Hashtag ini awalnya digunakan olehfashion blogger untuk memamerkan pakaian yang sedang dipakai. Biasanya sih, yang dipamerkan adalah foto outfit terbaru atau kreasi mix & match kita. Foto yang ditampilkan adalah foto seluruh badan. Nggak lupa disertai nama-nama brand outfit dan aksesori yang sedang dikenakan.
Dua tahun belakangan ini, #OOTD masuk dalam jejeran hashtag terpopuler di Instagram. Penggunaan hastag tersebut hampir menyamai #Selfie yang sudah mencapai ratusan miliar pengguna. #OOTD nggak cuma digunakan di Instagram saja. Tapi, juga di Facebook, Twitter, Path, Tumblr. Pokoknya, sejumlah socmed yang bisa menunjukkan foto pribadi.
#OOTD juga menciptakan tren fashion baru. Sekarang, nggak hanya model yang bisa memamerkan outfit tertentu. Tapi, semua orang bisa melakukannya lewat #OOTD. Bahkan, bermunculan situs online, seperti OOTD Magazine untuk menampung foto-foto hasil #OOTD. Tren ini juga diikuti oleh situs fashion terkemuka, Vogue UK. Situs ini menampilkan foto #OOTD model, fashion editor, sampai para blogger. Beberapa seleb juga didapati mem-posting gaya ala #OOTD.
Hashtag ini juga memunculkan sejumlah fashionista baru. Biasanya sih, label-label pakaian ternama akan mencari akun-akun yang suka #OOTD dengan followers terbanyak. Pemilik akun tersebut nantinya akan di-endorse untuk tampilan #OOTD-nya. Di Indonesia, ada beberapa fashionista #OOTD, seperti@dsaks, @dianarikasari, dan @shelaalazatha. Kayaknya, kita juga bisa jadi fashionista, deh. Caranya, coba-coba untuk melakukan #OOTD.